COVID-19: Surat untuk mitra Hivos

March 20, 2020

Rekan-rekan Hivos yang terhormat,

Krisis COVID-19 menghadapkan kita pada risiko kesehatan, perubahan sosial, dan kehidupan sehari-hari yang berubah dengan sangat cepat. Kita hanya bisa mencoba memahami bagaimana krisis ini berdampak pada kehidupan masyarakat di negara-negara yang tidak memiliki sistem kesehatan memadai dan belum mengetahui penyebaran dan akibat virus secara pasti. Kita hanya tahu bahwa masyarakat terpinggirkan adalah mereka yang paling menderita selama krisis kesehatan ini.

Kami memahami, prioritas Anda berubah drastis seiring terjadinya krisis ini. Kelangsungan finansial jangka panjang organisasi Anda mungkin lebih utama daripada kegiatan proyek jangka pendek. Penerapan jaga jarak sosial dan larangan bepergian kemungkinan besar memperlambat semuanya. Cepat atau lambat, Anda pun mungkin akan menunda kegiatan, meskipun setiap negara menghadapi krisis ini dengan cara berbeda-beda.

Saat ini, kami di Hivos tengah mencari tahu cara terbaik membatasi besarnya dampak krisis yang berpotensi menimpa organisasi dan masyarakat dampingan Anda. Pekan ini, semua staf Hivos bekerja keras untuk memetakan dampak krisis COVID-19 yang mungkin terjadi kepada program kita, khususnya Anda dan masyarakat. Kami juga sedang berupaya sebaik mungkin untuk memastikan proses-proses yang penting di organisasi, seperti pembayaran, dapat terus berjalan.

Berdasarkan hasil pemetaan tersebut, kami akan berkomunikasi dengan para donor, mencari solusi untuk mempermudah Anda dapat menghadapi krisis ini. Kontak Anda di Hivos akan menghubungi Anda dalam beberapa pekan mendatang untuk membahas dampak krisis yang telah atau akan terjadi pada organisasi Anda dan pencapaian program. Mari bersama kita siapkan rencana untuk mengurangi risiko sebanyak mungkin. Kami juga akan menghubungi donor untuk membahas fleksibilitas agar kita semua dapat melewati badai ini.

Apapun tantangan baru yang akan muncul, tidak akan menghalangi kita menjalani misi bersama, yaitu memastikan para pihak berwenang bersikap adil selama krisis terjadi, baik saat krisis ekonomi, kesehatan, dan ketahanan pangan. Sayangnya, kita tidak bisa secara fisik mengatasi tantangan ini bersama.

Krisis COVID19 menuntut tanggung jawab kita semua untuk berperilaku baik dengan senantiasa menjunjung solidaritas. Kita juga dituntut untuk bekerja dengan cara berbeda, misalnya dengan mengadakan pertemuan online dan mengatur kegiatan online. Kita perlu memikirkan berbagai alternatif lain untuk tetap produktif bekerja. Kami sangat terinspirasi oleh mereka yang terus bekerja keras. Kami pun berkomitmen untuk melakukan hal serupa sebaik mungkin. Kami akan terus berupaya mewujudkan masyarakat terbuka dan setara dari lingkaran sosial terkecil di keluarga dan kerabat, membantu kelompok masyarakat rentan, dan tanpa henti memastikan bahwa komitmen global terhadap SDG tetap kokoh dan tumbuh.

 

Atas nama staf Hivos, tetap jaga kesehatan, salam.

 

Edwin Huizing

Executive Director Hivos