Keterbukaan Kontrak: Membuka Partisipasi untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

July 26, 2019

Keterbukaan kontrak adalah tentang membuka data dan dokumen terkait keseluruhan proses kontrak agar dapat digunakan kembali oleh publik. Proses penyusunan kontrak yang transparan, adil, dan efisien, memberikan berbagai keuntungan bagi masyarakat. Mereka mendapat pengetahuan yang lebih jelas tentang bagaimana dana pajak dialokasikan untuk barang dan jasa yang mereka butuhkan dan gunakan. Proses kontrak yang lebih transparan dan kompetitif memungkinkan warga untuk berpartisipasi di dalam proses ini dan memperoleh barang dan jasa yang berkualitas. Singkatnya, keterbukaan kontrak mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Inisiatif ini juga memberi manfaat kepada pemerintah dan pelaku bisnis. Pemerintah dapat menghemat penggunaan uang pajak, memungkinkan penggunaan sumber daya publik dan pengadaan barang dan jasa yang lebih baik, meningkatkan integritas, serta mencegah penggelapan dan korupsi. Sementara itu, bagi kelompok bisnis, keterbukaan kontrak dapat menciptakan kompetisi yang sehat, mendorong inovasi, dan meningkatkan iklim bisnis dan investasi secara keseluruhan.

Untuk mewujudkan hal itu, Hivos, Article 19 dan IIED, didukung Kementerian Luar Negeri Belanda, menjalankan program Keterbukaan Data Kontrak di Indonesia. Melalui program ini, kami berupaya meningkatkan partisipasi publik di dalam proses perencanaan, pengadaan barang dan jasa, dan pengelolaan kontrak publik; serta menciptakan mekanisme akuntabilitas di pemerintahan dalam menerima dan menanggapi umpan balik dari masyarakat. Kami juga memberikan peningkatan kapasitas kepada masyarakat sipil agar mampu mentransformasikan data yang diperoleh menjadi informasi yang dapat digunakan warga.

Dalam menjalankan program ini di Indonesia, kami menjalin kerja sama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW), Publish What You Pay (PWYP) Indonesia, Transparency International (TI) Indonesia, Bojonegoro Institute, PATTIRO Semarang, dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta. Hivos mendukung ICW mempromosikan transparansi di sektor pengadaan barang dan jasa dan pemerintah dan menjadikan isu keterbukaan kontrak sebagai sebuah rencana aksi nasional di dalam agenda Open Government Partnership (OGP). Kami juga mendukung ICW melakukan studi terhadap implementasi keterbukaan kontrak pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Kami menggandeng PWYP Indonesia untuk mendorong keterbukaan kontrak dan transparansi perizinan di sektor tambang di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia. Kami pun bekerja sama dengan TI Indonesia, PATTIRO Semarang, dan Bojonegoro Institute untuk memberdayakan perempuan dalam melakukan pengawasan proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta menjadikan mereka agen perbaikan pelayanan publik. Selain itu, bersama AJI Jakarta, kami memberikan pelatihan jurnalisme warga dan jurnalisme investigatif kepada kelompok masyarakat dan jurnalis di tingkat lokal agar mampu melaporkan potensi atau indikasi penyimpangan dalam proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Apa yang mitra-mitra Hivos SEA kerjakan untuk mendukung keterbukaan kontrak di Indonesia? Sudah sampai di mana kemajuannya? Mari cari tahu lebih lanjut di buku ini!


Judul buku    :  Keterbukaan Kontrak: Membuka Partisipasi untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Tanggal         :  Mei, 2019

Penulis          :  Tim Program Keterbukaan Kontrak Hivos Southeast Asia di Indonesia dan para mitra

Penerbit        :  Hivos Southeast Asia

Jenis             :  pdf

 

UNDUH