Manifesto Kontrak yang Bersih

June 27, 2019

Saat terjadi korupsi proyek pengadaan barang dan jasa, masyarakat merupakan pihak yang paling dirugikan. Hak warga untuk memperoleh pelayanan publik seperti kesehatan, pendidikan, dan bahkan identitas diri secara administrasi pun tak bisa terpenuhi.

Pemerintah di seluruh dunia menggelontorkan dana dalam jumlah besar melalui kontrak kerja sama setiap tahunnya dengan pihak ketiga. Hal tersebut untuk memenuhi semua kebutuhan proses pemerintahan, mulai dari pengadaan alat tulis kantor hingga penyediaan layanan dasar seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur. Namun, besarnya konsentrasi uang, kewenangan pemerintah, serta pengaruh perusahaan dalam menyediakan barang dan membuat proses pelaksanaan kontrak tersebut rentan terhadap praktik korupsi yang dampaknya dapat sangat merugikan.

Indonesia kehilangan sekitar Rp 2.3 triliun akibat korupsi dalam proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP (Sumber: KPK). Komisi anti rasuah telah menangkap sejumlah dalang korupsi mega proyek itu, termasuk mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto.

Sektor swasta juga terkena imbasnya. Praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme di dalam proses pengadaan barang dan jasa akan menciptakan persaingan yang tidak sehat. Hal itu juga dapat mempersempit peluang perusahaan-perusaaan untuk memenangkan tender pemerintah.

Mengingat besarnya dampak yang akan ditimbulkan korupsi di dalam proses pelaksanaan kontrak, khususnya di sektor pengadaan barang dan jasa, Hivos bersama mitranya Transparency International, Open Contracting Partnership, Article 19, dan CoST – Inisiatif Transparansi Infrastruktur, menerbitkan Manifesto Kontrak yang Bersih.

Di dalam manifesto tersebut, Hivos dan para mitranya menegaskan bahwa seluruh siklus pengadaan publik harus dilaksanakan dengan standar transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi setinggi mungkin dan untuk kepentingan publik. Kami juga mendorong pemerintah di seluruh dunia dan organisasi internasional untuk mengadopsi manifesto ini.

Unduh dan baca dokumen Manifesto Kontrak yang Bersih selengkapnya di bawah ini.