Media fellowship pangan bijak untuk jurnalis Indonesia

June 16, 2020

Hivos, IIED dan Climate Tracker meluncurkan program media fellowship untuk mendanai para jurnalis dari Indonesia dalam membuat liputan mendalam dengan tema pangan bijak berkelanjutan!

Kami mencari jurnalis Indonesia yang tertarik untuk menulis artikel tentang proses produksi makanan dan akses terhadap pangan yang berkelanjutan. Jurnalis akan mendapatkan pelatihan, serta menerima pendanaan untuk meliput isu pangan dalam negeri yang juga dibimbing oleh mentor dari tim Climate Tracker!

Program ini akan menjadi ajang berharga bagi para jurnalis dalam mendapatkan pelatihan jurnalisme secara ekslusif dari Climate Tracker. Pelatihan ini memberi bekal untuk dapat meliput dengan baik dan membuat laporan mendalam.

Peran Anda sebagai peserta fellowship

Sebagai peserta fellowship, anda diwajibkan untuk hadir dan berpartisipasi penuh dalam pelatihan jurnalisme berdurasi 4 minggu, termasuk mengerjakan semua tugas yang diberikan dalam materi pelatihan tersebut.

Setelah menyelesaikan pelatihan yang disediakan, Anda akan diminta untuk mengusulkan ide artikel yang konstruktif serta rencana kerja untuk meliput isu pangan di negara Anda. Climate Tracker akan selalu mendampingi Anda selama proses ini. Setelah usul dan rencana kerja Anda disetujui, Anda akan memasuki periode fellowship selama 8 minggu. Dalam periode ini Anda akan menerima pendanaan dan diwajibkan untuk melakukan liputan mendalam. Anda akan diminta untuk melaporkan progress artikel setiap minggunya kepada mentor.

Sebagai peserta fellowship, Anda juga diharapkan untuk aktif bersosialisasi dengan peserta lain dari program ini melalui portal komunikasi Slack, dimana tim dan komunitas Climate Tracker berbagi informasi dan berita yang bermanfaat.

 

Saya tertarik untuk bergabung. Bagaimana caranya?

Daftarkan diri Anda pada act.climatetracker.org untuk ikut bergabung dalam kompetisi ini. Kirimkan materi berikut ini:

  • CV (unggah ke online drive apa saja dan bagikan tautannya)
  • Portofolio tulisan yang pernah Anda buat sebelumnya (diutamakan tulisan yang terkait dengan tema pangan berkelanjutan dan pertanian)
  • Usulan ide untuk artikel bertemakan pangan di negara Anda

Ide artikel tentang pangan yang akan anda usulkan dapat berfokus pada tantangan utama dan/atau inovasi/ solusi pada salah satu dari tema berikut:

  • Keamanan pangan dan gizi dalam konteks COVID-19
  • Keterhubungan dari Perubahan Iklim dan dampaknya terhadap Pertanian
  • Pertanian dan jejak lingkungannya

 

Susunan Jadwal Program

15 Juni – 3 Juli: Pembukaan pendaftaran untuk para calon peserta.

6 Juli: Pengumuman peserta yang terpilih.

10 Juli – 7 Agustus: pelatihan jurnalisme secara daring selama 4 minggu

10 Agustus – 5 Oktober: periode pembuatan laporan fellowship selama 8 minggu

Daftar disini dan pastikan untuk melengkapi semua persyaratan pendaftaran sebelum 3 Juli 2020.

 

Pertanyaan Umum

Tulisan yang seperti apa yang bisa saya kirim sebagai portofolio pekerjaan?

Portofolio tulisan terdahulu Anda harus merupakan karya tulis (diutamakan tulisan terkait dengan tema kompetisi) yang diterbitkan pada media lokal, nasional atau internasional. Namun, kami tidak akan menilai entitas blog milik sendiri sebagai portofolio tulisan anda.

 

Apakah harus publikasi tertulis?

Tidak! Selama Anda mengirimkan kami tautan atau beberapa bukti pekerjaan Anda di media untuk yang membahas tema pangan yang berkelanjutan dan tantangan yang dihadapi dalam produksi makanan, kami akan menerimanya. Kami menerima materi seperti klip radio, PDF jurnalisme cetak, tautan podcast, dan cuplikan TV dengan senang hati.

 

Saya tidak memiliki banyak pengalaman dalam jurnalisme, dapatkah Anda membantu saya?

Tentu saja! Kami senang membantu orang yang bersemangat dalam mengasah keterampilan menulis dan pengetahuan jurnalisme yang dimiliki. Anda dapat membaca-baca modul jurnalisme yang kami miliki di situs web kami di disini. Anda juga dapat menghubungi kami melalui Lina@climatetracker.org