Mengawal Keterbukaan Kontrak di Indonesia

June 27, 2019

Masyarakat sipil dan lembaga pers yang aktif berpartisipasi mengawal proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan aset untuk mewujudkan keterbukaan kontrak. Hanya saja, keduanya belum mampu menjalankan peran tersebut secara maksimal, terhambat minimnya kapasitas dan pengetahuan.

Melalui program Open Up Contracting, Hivos Southeast Asia berupaya memampukan organisasi masyarakat sipil (OMS) dan jurnalis, khususnya di tingkat lokal, agar mampu berperan menjadi aktor penengah antara pemerintah dan warga. Hivos Southeast Asia berusaha mengingkatkan kapasitas keduanya agar mampu mengolah data pengadaan barang dan jasa yang ada menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti warga sehingga mereka pun dapat ikut serta mengawasi pelaksanaan proyek-proyek itu secara mandiri.

Kami bersama Indonesia Corruption Watch (ICW), misalnya, berkolaborasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menyelenggarakan Lokakarya Peningkatan Kapasitas Koalisi Masyarakat Sipil di Sektor Pengadaan Barang dan Jasa di beberapa kota di Indonesia.

Berikut adalah buku “Mengawal Keterbukaan Kontrak di Indonesia” yang kami susun untuk para peserta lokakarya berisi informasi mengenai kondisi keterbukaan kontrak di Tanah Air. Untuk membaca bukunya secara lengkap, silahkan lihat di bawah ini.


UNDUH